Mindset (sikap mental) Pebisnis Online


Pada postingan panduan bisnis online kali ini, saya akan menyebutkan tentang mindset yang hendaknya menjadi dimiliki oleh seseorang yang ingin menekuni bisnis online.

Mindset ini ibarat pegangan dan penuntun anda dalam mengarungi dunia bisnis online. Beberapa mindset penting yang perlu anda pegang teguh adalah:

1.  Banyaklah berdoa dan bertawakkal kepada Allah.
Khususnya bagi seorang muslim, tidak satupun usaha yang terlepas dari berdoa dan bertawakkal kepada Allah. Kita adalah makhluk yang lemah, hanya mampu untuk berusaha, sedangkan hasilnya semua kembali kepada Allah Subhanahu Wa Ta’ala. Perbanyaklah berdoa dan bertawakkal kepada Allah. Nabi Shallallahu Alaihi Wasallam bersabda:
احْرِصْ عَلَى مَا يَنْفَعُكَ وَاسْتَعِنْ بِاللَّهِ وَلاَ تَعْجِزْ 
“Bersemangatlah untuk meraih apa-apa yang bermanfaat bagimu, mintalah pertolongan hanya kepada Allah, dan janganlah engkau merasa lemah.” (Diriwayatkan oleh Muslim).

2. Hasrat yang kuat untuk sukses. Ini sangat dibutuhkan oleh seseorang dalam kancah bisnis online, karena sifat cepat bosan dan jenuh banyak menimpa orang-orang yang baru memulai bisnis online, terlebih lagi jika tersandung dengan kendala dan kesulitan. Oleh karena itu, mingset yang satu ini wajib ada pada setiap pebisnis online

3. Untuk sukses di bisnis online, juga diperlukan kerja keras kesabaran dan semangat pantang menyerah. Jadi, besok-besok buat anda yang mendapat penawaran seperti ini “Pesan sekarang, klik di sini! Maka besok rekening anda akan bertambah 1 Milyar meski anda sedang tidur atau pun bengong mikirin artis idola anda.” Segera tutup tab browser anda, hehe karena penawaran tersebut mustahil dan tidak masuk akal. “Ingat tidak ada yang instan di dunia ini, (kecuali mie instan). Untuk menjadi ahli, diperlukan 10.000 jam terbang.”

Bisnis online pada hakekatnya adalah sama dengan bisnis offline (sebagai sebuah bisnis) hanya berbeda media saja. jadi, karena ini adalah bisnis nyata, maka sama seperti bisnis-bisnis lainnya, keberhasilan Anda sangat tergantung pada komponen penting berikut: • Komitmen waktu
• Komitmen uang (walaupun investasinya tidak besar)
• Komitmen konsentrasi (untuk belajar keahlian bisnis online).

4. Kembangkan semangat belajar seumur hidup, long life study. Yup karena dunia bisnis online adalah dunia yang dinamis, ilmu/trik yang kita dapat sekarang belum tentu akan sama di masa datang, jadi kita harus selalu up to date dengan cara belajar terus.

Kalau anda ingin serius dalam berbisnis online, saya sarankan anda belajar di sini.


Salah satu tips agar senantiasa up to date dengan perkembangan di bisnis online, adalah dengan berlangganan email / newsletter dari para guru internet marketing.

Alhamdulillah, saya sendiri berlangganan email/newsletter dari banyak internet marketer dalam maupun luar negeri. Contoh dalam negeri, saya berlangganan newsletter dari rahasia panas yang dikelola oleh Haryo Hardi, Rahasia Sukses Click bank yang dikelola oleh Bapak Gm. Susanto, dan café bisnis yang dikelola oleh Lutvi Avandi. Adapun contoh newsletter luar negeri, saya berlangganan dari John Chow.


5. Terapkanlah 5 F: Fokus, Fokus, Fokus, Fokus dan Fokus. Demikian yang dikatakan oleh Anne Ahira, seorang guru internet marketing yang sudah sangat terkenal di dunia internet marketing.  Yup fokus itu penting sekali. Karena model bisnis online sangat banyak. Fokuslah pada 1 model bisnis online sampai anda mendapat penghasilan yang cukup dari sana, setelah sukses barulah kita beralih ke model bisnis yang lain. Dengan fokus insya Allah anda bisa lebih cepat sukses.

1 comment:

Yudha said...

yang paling penting no 1 dan no 5 tuh....
klo allah tidak mengijinkan mau jungkir balik jg g bakal sukses
5F itu yang paling susah apalagi klo berbisnis online sebagai sampingan :D

Post a Comment