Tips Affiliate (2)


Tips affiliate kali ini adalah tentang “Cara kerja program affiliate”. Bila prinsip umum program affiliate  sama saja dengan bisnis peragenan lainnya, namun cara kerja program affiliate ini benar-benar berbeda dengan yang lain. 

Salah satu perbedaan utamanya adalah adanya sistem otomatisasi. Semua proses kerja bisa berlangsung secara otomatis. Artinya, kita sebagai penyelenggara bisnis ini tak perlu lagi menghadapi berbagai macam kerepotan.

Supaya lebih jelas, berikut saya jelaskan langkah-langkah SECARA UMUM yang biasanya harus kita ikuti bila hendak bergabung dengan bisnis affiliate tertentu di internet.

1. Mendaftarkan diri. Biasanya ini sih gratis. Tapi memang ada juga beberapa website yang mengharuskan setiap pendaftar untuk membayar terlebih dahulu. Kalau di Webmerdeka sih, gratis!
.
2. Setelah itu, Anda akan mendapat sebuah alamat website yang unik. Nah, alamat inilah yang disebut link afiliate Anda.
 
Misalnya begini:
Nama website yang menyelenggarakan bisnis affiliate tersebut adalah http://www.webmerdeka.com
Setelah anda mendaftar, maka anda mendapat alamat link affiliate sebagai berikut:

3. Setelah itu, yang perlu anda lakukan hanyalah mempromosikan Webmerdeka.com. Dan setiap kali anda melakukan promosi, anda harus menggunakan link affiliate anda tersebut.

4. Setiap kali ada orang yang mendaftar dan melakukan pembelian di Webmerdeka.com melalui link affiliate anda, maka secara otomatis si pendaftar tersebut menjadi downline anda, dan anda akan mendapatkan komisi dari pemilik website tersebut yang disebut merchant.

Dengan cara kerja seperti di atas, Anda tidak harus melapor ke pemilik website setiap kali ada orang yang mendaftar melalui link affiliate Anda. Semuanya akan berjalan secara otomatis.

Inilah bedanya PA dengan bisnis peragenan di dunia offline. Katakanlah Anda berhasil membantu menjualkan sebidang tanah milik B. Maka Anda harus bicara langsung dengan si B, “Saya lho orangnya, yang telah membantu menjualkan tanah tersebut. Mana komisi untuk saya?”

Di internet, atau bisnis AP, semuanya berlangsung secara otomatis. Jadi Anda tak perlu repot-repot. Begitu ada orang yang mendaftar melalui link affiliate Anda, OTOMATIS data dia akan terekam secara rapi di database si pemilik website. Dengan kata lain, si pemilik website bisa mengetahui transaksi tersebut saat itu juga! Demikian pula halnya dengan Anda. Anda bisa saat itu juga langsung tahu bahwa baru saja terjadi transaksi penjualan melalui link affiliate Anda. Dan secara otomatis pula, Anda bisa membaca berapa jumlah komisi yang Anda hasilkan.

Asyik, bukan?
Nah, bila Anda ingin menekuni bisnis affiliate marketing secara lebih serius, ingin sukses dan mendapat banyak penghasilan dari bisnis affiliate marketing, saya merekomendasikan sebuah ebook yang sangat bagus: Belajar Affiliate karya Dini Shanti, salah seorang praktisi affiliate marketing yang sukses di Indonesia. Dini Shanti telah teruji sebagai seorang tokoh yang kaya raya dari bisnis affiliate marketing.

Untuk mendapatkan ebooknya, silahkan klik di sini.

Atau jika Anda ingin mengkhususkan diri menjadi affiliate dari clickbank.com, sekarang telah ada panduan dalam bentuk video tutorial yang mengajarkan bagaimana mempromosikan barang-barang digital di clickbank.com memakai link affiliate yang kita miliki melalui google adwords, tanpa harus memiliki website atau blog. Silahkan lihat panduannya di sini.  

No comments:

Post a Comment