Tips Affiliate (3)


Pada tips affiliate kali ini, kita akan membicarakan “Jenis-jenis affiliate” Dan di sini saya hanya akan menyebutkan tiga jenis saja yang paling populer:
1. Pay Per Click (PPC)
2. Pay Per Lead (PPL)
3. Pay Per Sale (PPS)
Penjelasannya sebagai berikut:

1. Pay Per Click (PPC)
Pada program ini, Anda akan dibayar bila ada orang yang mengklik iklan tertentu. Program PPC yang paling populer di internet adalah Google Adsense (GA). Ketika anda mendaftar sebagai publisher di Google Adsense dan pendaftaran anda diterima, maka Google akan mengirimkan kepada anda kode HTML yang nantinya anda masukkan ke web atau blog anda. Kode HTML itu nantinya akan berubah menjadi iklan. Nah, setiap kali ada orang yang mengklik iklan tersebut maka anda akan mendapatkan bayaran dari Google.
Di Indonesia sendiri sudah ada merchant yang mengadakan program adsense, sebut saja Negeri Ads dan Kumpul Blogger misalkan. Cara pendaftarannyapun mudah, tidak serumit dan sesulit Google Adsense.

2. Pay Per Lead (PPL)
Pada program ini, Anda dibayar bila berhasil mereferensikan orang lain untuk bergabung pada layanan-layanan seperti newsletter, polling, dan sebagainya. Program seperti ini sangat banyak jumlahnya. Biasanya industri yang mengadakan program ini seperti asuransi, real estate, dll.

3. Pay Per Sale (PPS)
Pada program ini, Anda akan dibayar bila berhasil mengajak orang lain untuk MEMBELI produk atau jasa yang ditawarkan. Dengan kata lain, komisi baru Anda dapatkan hanya bila telah terjadi transaksi pembelian.

    Nah, sesuai fitrah manusia, kita semua pasti suka yang gratis, dan perlu banyak pertimbangan untuk membeli produk atau jasa tertentu, bukan?
    Karena itulah, kita harus sadar bahwa bila bisnis yang kita promosikan itu gratis, maka untuk mendapatkan uang dari sana relatif lebih mudah. Sementara bila bisnis yang kita promosikan itu berbayar, maka untuk mendapatkan uang dari sana relatif tidak mudah.

    Mengusahakan agar orang lain mau mengklik iklan di blog Anda adalah MUDAH, karena mengklik iklan tak perlu bayar

    Mengusahakan agar orang lain mau mendaftarkan diri pada layanan newsletter atau polling gratis adalah agak mudah. Walau gratis, masih ada juga orang yang ragu. Tapi ini jauh lebih mudah daripada jika mereka disuruh membayar.
    Mengusahakan orang lain agar mau membeli produk yang Anda promosikan adalah yang paling tidak mudah. Sebab tidak mudah untuk “membuat” orang lain agar mau membeli produk atau jasa yang kita tawarkan.

    “Tapi sesulit apapun juga akan menjadi mudah dengan usaha dan doa”

    No comments:

    Post a Comment